ALFIAN DHAMAR SHETA, 2016011881 (2019) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAPAT TINGKAT PENGETAHUAN PELAJAR TENTANG GASTRITIS DI SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA. DIII Keperawatan.
Text
2016011881.pdf - Published Version Download (182kB) |
Abstract
Latar Belakang : Angka kejadian gastritis pada beberapa daerah di Indonesia cukup tinggi, tingkat pengetahuan merupakan salah satu dari faktor terjadinya gastritis. Prevalensi gastritis di dunia sangatlah besar. Diantaranya Inggris 22%, China 31%, Jepang 14,5%, Kanada 35%, dan Perancis 29,5%. Pendidikan kesehatan merupakan salah satu cara untuk meningkatkan pengetahuan. Tujuan : Mengetahui adanya pengaruh pendidikan kesehatan terhadap tingkat pengetahuan pelajar tentang gastritis. Metode : Metode yang digunakan adalah pre experimental desain dengan one grup pre test and post test. Teknik sampling yang digunakan purposive sampling dengan jumlah responden 39. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner yang terdiri dari item favorable (positif) dimana pertanyaan benar dan unfavorable (negatif). Analisa data menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil : Tingkat pengetahuan gastritis sebelum dilakukan pendidikan kesehatan ada 39 responden kategori kurang. Sesudah dilakukan pendidikan kesehatan, 39 responden dalam kategori berpengetahuan baik. Uji Hipotesis menggunakan Wilcoxon dengan nilai Z -5,532 (>Z tabel 2,76) dan nilai P Value 0,000 (<0,05) yang berarti Ha diterima. Terdapat pengaruh pendidikan kesehatan yang signifikan terhadap tingkat pengetahuan pelajar tentang gastritis. Kesimpulan : Terdapat pengaruh pendidikan kesehatan yang signifikan terhadap tingkat pengetahuan pelajar tentang gastritis. Pendidikan kesehatan dapat meningkatkan pengetahuan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine |
Depositing User: | Endrat |
Date Deposited: | 12 Dec 2019 06:52 |
Last Modified: | 12 Dec 2019 06:52 |
URI: | http://repository.itspku.ac.id/id/eprint/58 |
Actions (login required)
View Item |