HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN ORANG TUA DENGAN PENERAPAN MANAJEMEN KONFLIK PADA REMAJA

Alfi Makrifatul Qoirida, 2016011880 (2019) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN ORANG TUA DENGAN PENERAPAN MANAJEMEN KONFLIK PADA REMAJA. DIII Keperawatan.

[img] Text
2016011880.pdf - Published Version

Download (157kB)

Abstract

Latar Belakang : Berdasarkan catatan Badan Pusat Statistika, sepanjang 2014 terjadi 327 atau 0,40 persen kasus tawuran atau konflik antar pelajar atau mahasiswa di Indonesia. Studi pendahuluan yang dilakukan pada 4 keluarga didapatkan 2 keluarga mengetahui manajemen konflik dengan bahasa sederhana namun tidak mengetahui penerapan yang dilakukan termasuk manajemen konflik atau bukan, 1 keluarga mengetahui manajemen konflik dan juga menerapkan manajemen konflik, dan 1 keluarga menerapkan manajemen konflik namun tidak mengetahui manajemen konflik. Tujuan : mengetahui hubungan tingkat pengetahuan orang tua dengan penerapan manajemen konflik pada remaja. Metode Penelitian : penelitian ini menggunakan korelasi analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian warga RW 03 Desa Laban dengan teknik total sampling sejumlah 52 keluarga. Instrumen penelitian menggunakan ceklis dan skala linkert. Analisa data yang digunakan berupa Chi-square pada signifikan 5%. Hasil : tingkat pengetahuan tertinggi pada kategori baik dan cukup sebanyak 24 responden (46.2%) dari masing-masing kategori dan penerapan manajemen konflik tertinggi pada kategori gaya kompromi sebanyak 16 responden (30.8%). Tidak ada hubungan antara tingkat pengetahuan orang tua dengan penerapan manajemen konflik pada remaja dengan nilai p=0,210 (p>0,05). Kesimpulan : tidak terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan orang tua dengan penerapan manajemen konflik pada remaja.

Item Type: Article
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Endrat
Date Deposited: 12 Dec 2019 06:46
Last Modified: 12 Dec 2019 06:46
URI: http://repository.itspku.ac.id/id/eprint/57

Actions (login required)

View Item View Item