Septi Aprilia, Septi (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS MAHASISWA PROGRAM STUDI DIII KEPERAWATAN ITS PKU MUHAMMADIYAH SURAKARTA. Project Report. ITS PKU MUHAMMADIYAH SURAKARTA, SURAKARTA.
Text
LAPORAN AKHIR PENGARUH PBL TERHADAP LITERASI SAINS FIKS(2).pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan literasi sains mahasiswa Program Studi DIII Keperawatan ITS PKU Muhammadiyah Surakarta pada materi Enzim. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif. Peneliti menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Teknik sampling yang digunakan yaitu cluster random sampling, dengan menggunakan Program Studi DIII Keperawatan sebagai kelas eksperimen dan Program Studi S1 Keperawatan dan Profesi Ners sebagai kelas kontrol. Hasil analisis data pada uji hipotesis diperoleh nilai thitung > ttabel atau 2,697 1,697, maka berdasarkan uji hipotesis thitung > ttabel (Hditerima). Selain itu nilai rata-rata kemampuan literasi sains mahasiswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning adalah 82,50 lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata mahasiswa yang menggunakan pembelajaran konvensional yaitu 71,25. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning berpengaruh terhadap hasil kemampuan literasi sains mahasiswa. Kata Kunci : Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Literasi Sains, Mahasiswa.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine |
Depositing User: | Endrat |
Date Deposited: | 31 Aug 2021 02:30 |
Last Modified: | 31 Aug 2021 02:30 |
URI: | http://repository.itspku.ac.id/id/eprint/235 |
Actions (login required)
View Item |