Sulis Susilawati, 2016011958 (2019) PERBANDINGAN EFEKTIFITAS METODE DEMONSTRASI DAN VIDEO TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI REMAJA DALAM PRAKTIK METODE SADARI. DIII Keperawatan.
Text
2016011958.pdf - Published Version Download (281kB) |
Abstract
Latar belakang : Berdasarkan Phatological Based Registration di Indonesia, kanker payudara menempati urutan pertama dengan frekuensi relatif sebesar 18,6%. Kasus penyakit kanker yang ditemukan di Provinsi Jawa Tengah pada tahun 2015 sebanyak 18.954 kasus meningkat bila dibandingkan dengan tahun 2010 sebanyak 13.277 kasus, terdiri dari Kanker servik 6.899 kasus (35,13%), Kanker payudara 9.542 kasus (48,59%). Tujuan: Mengetahui perbandingan efektifitas metode demonstrasi dan video terhadap peningkatan motivasi remaja dalam praktek metode sadari. Metode penelitian : Metode yang digunakan quasy experimental dengan design pre test and post test design . teknik samplig yang digunakan menggunakan purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner yang terdiri dari favorable dan unfavorable. Analisa data menggunakan analisa univariat dan bivariat. Hasil : Hasil uji kelompok motivasi sadari dengan perlakuan video memiliki nilai significancy (p = 0.000) dan hasil uji kelompok motivasi sadari dengan perlakuan demonstrasi memiliki nilai significany (p = 0.000). Setelah dilakukan Uji Mann-Whitney, diperoleh angka significancy 0.002. karena nilai p < 0.050 (p = 0.002) sehingga terdapat perbedaan yang bermakna antara motivasi sadari dengan perlakuan video dan demonstrasi. Didapatkan nilai Mean demonstrasi lebih besar dari nilai mean video (36.00 > 25.00). Kesimpulan : Bahwa demonstrasi lebih berpengaruh daripada video dalam motivasi sadari.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine |
Depositing User: | Endrat |
Date Deposited: | 17 Dec 2019 04:03 |
Last Modified: | 17 Dec 2019 04:03 |
URI: | http://repository.itspku.ac.id/id/eprint/124 |
Actions (login required)
View Item |