STRATEGI KOPING MAHASISWA DALAM MENGHADAPI KEBOSANAN DISTANCE LEARNING SAAT PANDEMI COVID-19

Siti Sarifah, Sari (2021) STRATEGI KOPING MAHASISWA DALAM MENGHADAPI KEBOSANAN DISTANCE LEARNING SAAT PANDEMI COVID-19. Technical Report. ITS PKU MUHAMMADIYAH SURAKARTA, SURAKARTA.

[img] Text
proposal hibah lppm ITS PKU 2021_Siti Sarifah.pdf - Published Version

Download (889kB)
Official URL: http://itspku.ac.id

Abstract

Peningkatan jumlah kasus berlangsung cukup cepat, dan menyebar ke berbagai negara dalam waktu singkat. Sampai dengan tanggal 9 Juli2020, WHO melaporkan 11.84.226kasus konfirmasi dengan 545.481kematian di seluruh dunia (Case Fatality Rate/CFR 4,6%). Indonesia melaporkan kasus pertama pada tanggal 2 Maret 2020. Kasus meningkat dan menyebar dengan cepat di seluruh wilayah Indonesia. Sampai dengan tanggal 9 Juli2020 Kementerian Kesehatan melaporkan 70.736kasus konfirmasi COVID-19 dengan 3.417kasus meninggal (CFR 4,8%). Pemerintah Indonesia melakukan upaya guna menanggulangi lonjakan jumlah kasus dan memutus mata rantai COVID-19, salah satunya himbauan kepada masyarakat agar melakukan physical distancing yaitu himbauan untuk menjaga jarak diantara masyarakat, menjauhi aktivitas dalam segala bentuk kerumunan, perkumpulan, dan menghindari adanya pertemuan yang melibatkan banyak orang. Di bidang pendidikanpun juga diberlakukannya kebijakan kementerian pendidikan yaitu proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dengan menggunakan sistem dalam jaringan (daring). Pemberlakuan pembelajaran dengan sistem dalam jaringan (daring) tersebut akan menimbulkan dampak atau masalah pada pendidik, orang tua maupun peserta didik. Mahasiswa akan menghadapi berbagai masalah diantaranya kesiapan kekuatan jaringan internet dan kuota internetnya , pemahaman materi pembelajaran saat daring, tugas-tugas yang banyak dari dosen pengampu. Dengan adanya berbagai kendala yang dihadapi mahasiswa akan menimbulkan kebosanan bahkan stres yang berkepanjangan apabila tidak diimbangi manajemen strategi koping yang tepat selama mengalami kebosanan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi koping yang digunakan mahasiswa menghadapi kebosanan selama distance learning. Rancangan penelitian dalam penelitian menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi. Penelitian kualitatif mengamati latar individu secara holistik. Lebih lanjut Moleong (2002:9) menyatakan bahwa pendekatan fenomenologis dalam penelitian kualitatif berusaha memahami arti peristiwa-peristiwa dan kaitannya terhadap orang dalam situasi tertentu. Luaran penelitian ini adalah artikel ilmiah yang tersubmit di JPS dan Prosiding. Kata kunci : Distance Learning, Kebosanan, Strategi Koping

Item Type: Monograph (Technical Report)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Endrat Mas Ngabehi Warsidi
Date Deposited: 31 Aug 2021 02:14
Last Modified: 04 Sep 2021 02:43
URI: http://repository.itspku.ac.id/id/eprint/234

Actions (login required)

View Item View Item