ANALISIS DAMPAK KUALITAS PELAYANAN DAN PERSEPSI PANDEMI COVID-19 TERHADAP KECEMASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH SURAKARTA

Sri Mintarsih, S. Kep, Ns, M. Kes, Mimin (2020) ANALISIS DAMPAK KUALITAS PELAYANAN DAN PERSEPSI PANDEMI COVID-19 TERHADAP KECEMASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH SURAKARTA. Project Report. ITS PKU MUHAMMADIYAH SURAKARTA, SURAKARTA.

[img] Text
Analisis Dampak Pandemi Covid-19.pdf - Published Version

Download (482kB)
Official URL: http://itspku.ac.id

Abstract

Rumah sakit merupakan bagian penting dari sistem kesehatan. Rumah Sakit Umum Muhammadiyah Surakarta merupakan salah satu rumah sakit rujukan pasien covid-19, saat ini jumlah pasien rawat inap yang semakin bertamah dengan sarana dan prasarna dan jumlah tenaga medis dan non medis yang terbatas, dituntut untuk memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya. Pandemi Covid-19 yang terus menyebar mendatangkan rasa takut dan kecemasan terlebih bagi pasien rawat inap. Kualitas pelayanan yang baik dimungkinkan berdampak positif terhadap kecemasan pasien, demikian halnya dengan persepsi positif pasien terhadan covid-19 dimungkinkan berdampak positif terhadap kesembuhan pasien. Pelayanan dan kesembuhan pasien merupakan bagian dari pelayanan kesehatan, sehingga penelitian yang berjudul: Analisis Dampak Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Pandemi Covid-19 Terhadap Kecemasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Pku Muhammadiyah Surakarta, bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan persepsi pasien tentang covid-18 terhadap kecemasan. Penelitian direncanakan dilakukan di RS PKU Muhammadiyah Surakarta dengan populasi pasien rawat inap. Sampel diambil dengan teknik sampling insidental. Penentuan besarnya sampel digunakan rumus Slovin. Biaya penelitian diperkirakan sebesar Rp. 10.400.000 (sepuluh juta empat ratus ribu rupiah) dengan penggunaan untuk honor dan output kegiatan sebesar: Rp, 4.200.000 (empat juta empat ratus rupiah) dan untuk belanja barang non operasional lainnya sebesar Rp. 3.200.000 (tiga juta duaratus ribu rupiah). Kata Kunci: Kualitas pelayanan, covid-19, kecemasan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Endrat
Date Deposited: 17 Feb 2021 03:02
Last Modified: 17 Feb 2021 03:02
URI: http://repository.itspku.ac.id/id/eprint/231

Actions (login required)

View Item View Item