HUBUNGAN CARING PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN

Viki Utami, 2016011916 (2019) HUBUNGAN CARING PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN. DIII Keperawatan.

[img] Text
2016011916.pdf - Published Version

Download (542kB)

Abstract

Kepuasan dipakai untuk menganalisis atau mengevaluasi hasil, membandingkan kebutuhan yang diinginkan yang ditetapkan individu dengan kebutuhan yang di peroleh seseorang. Caring digambarkan sebagai cita-cita keperawatan, melibatkan keinginan untuk peduli, dan tindakan peduli. Pada studi pendahuluan yang dilakukan pada 10 pasien, 4 pasien diantaranya mengungkapkan caring baik dan 6 pasien mengungkapkan caring kurang baik. Mengetahui hubungan caring perawat dengan tingkat kepuasan pasien. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode korelasi, menggunakan pendekatan cross sectional. Penelitian dilakukan di RS PKU Muhammadiyah Karanganyar dilakukan pada Oktober sampai April. Populasi dalam penelitian ini 236 pasien dengan pengambilan sampel menggunakan Teknik purposive sampling berjumlah 24 pasien. Instrument yang digunakan kuesioner. Analisa data menggunakakan analisis univariat dan bivariat (Spearman Rho). Dari 24 responden diketahui bahwa caring perawat yang didapatkan adalah pada kategori baik (37,5%), cukup (41,7%), kurang (20,8), dan buruk (0%). Tingkat kepuasan pasien pada kategori sangat memuaskan (41,7%), memuaskan (33,3%), kurang memuaskan (25,0), dan tidak memuaskan (0%). Hasil uji statistik spearman rhodengan p value (sig) yaitu 0,000<0,05 dan nilai r hitung lebih besar dari r tabel (0,961>0,40044). Ada hubungan yang signifikan antara caring perawat dengan tingkat kepuasan pasien.

Item Type: Article
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Endrat
Date Deposited: 13 Dec 2019 07:15
Last Modified: 13 Dec 2019 07:15
URI: http://repository.itspku.ac.id/id/eprint/91

Actions (login required)

View Item View Item