HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK PRASEKOLAH

Shinta Ardiyanti, 2016011910 (2019) HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK PRASEKOLAH. DIII Keperawatan.

[img] Text
2016011910.pdf - Published Version

Download (254kB)

Abstract

Anak usia dini adalah anak-anak pada usia nol sampai enam tahun yang berada pada masa golden years yaitu masa keemasan dalam kehidupan seseorang, karena pada usia ini 90% dari fisik otak anak sudah terbentuk sehingga anak akan dengan mudah dan cepat dalam menerima berbagai macam rangsang atau stimulasi yang diberikan serta saat yang paling tepat untuk meletakkan dasar pertama dan utama dalam mengembangkan berbagai potensi dan kemampuan fisik, kognitif, bahasa, seni, sosial, dan emosional. Pola asuh adalah gambaran yang dipakai oleh orang tua untuk mengasuh anak. Pola asuh merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan bahasa pada anak. Mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua dengan perkembangan bahasa pada anak prasekolah. Penelitian ini menggunakan metode korelasi dengan pendekatan cross sectional. Sampel yang diteliti adalah anak prasekolah di tingkat Taman Kanak-kanak, dengan jumlah sampel 33 anak. Instrumen penelitian ini dengan menggunakan kuisioner dan lembar Denver development screening test, analisa data menggunakan uji Spearman. Sebagian besar orang tua menerapkan pola asuh demokratis sejumlah 28 orang tua dengan presentase 84,8% dan sebagian besar anak memiliki perkembangan bahasa normal atau sesuai sejumlah 26 anak (78,8 %). Hasil uji data menggunakan uji spearman didapatkan niali p= 0,068 sehingga p>0,05. Ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan perkembangan bahasa pada anak prasekolah

Item Type: Article
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Endrat
Date Deposited: 13 Dec 2019 06:35
Last Modified: 13 Dec 2019 06:35
URI: http://repository.itspku.ac.id/id/eprint/85

Actions (login required)

View Item View Item