Dita Ayu Pratiwi, 2016011890 (2019) HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENGETAHUAN DENGAN SIKAP TERHADAP PENDERITA GANGGUAN JIWA. DIII Keperawatan.
Text
2016011890.pdf - Published Version Download (218kB) |
Abstract
Latar Belakang: Gangguan jiwa merupakan suatu kondisi dimana seseorang mengalami keterbelakangan mental yang tidak memungkinkan seseorang untuk bersosialisasi dengan masyarakat. Tahun 2010 tercatat sebanyak 610 orang mengalami gangguan jiwa di kota Solo dan jumlah ini meningkat yang awalnya 310 pada tahun 2009 menjadi 610 orang. Penderita gangguan jiwa sering mendapatkan stigma dan diskriminasi yang lebih besar dari masyarakat di sekitarnya dibandingkan individu yang menderita penyakit medis lainnya penderita gangguan jiwa sering mendapatkan stigma dan diskriminasi yang lebih besar dari masyarakat di sekitarnya dibandingkan individu yang menderita penyakit medis lainnya.Tujuan: Menganalisa hubungan tingkat pendidikan dan pengetahuan dengan sikap terhadap penderita gangguan jiwa. Metode Penelitian: Rancangan penelitian yang digunakan adalah uji statistik analisa correlations. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, jumlah responden sebanyak 37 orang. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Analisa bivariate menggunakan uji chi square.Hasil: Tidak ada hubungan tingkat pendidikan dengan sikap terhadap penderita gangguan jiwa dengan hasil p 0,741 (p>0,05), Adahubunganyang cukup signifikan antara tingkatpengetahuan dengan sikap terhadap penderita gangguan jiwa dengan hasil p0,035 (p<0,05).Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan antara tingkat pendidikan dengan sikap terhadap penderita gangguan jiwa, terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan dengan sikap terhadap penderita gangguan jiwa.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine |
Depositing User: | Endrat |
Date Deposited: | 13 Dec 2019 01:44 |
Last Modified: | 13 Dec 2019 01:44 |
URI: | http://repository.itspku.ac.id/id/eprint/66 |
Actions (login required)
View Item |