Edukasi Orang Tua Dalam Pendampingan Belajar Anak Saat Daring Selama Pandemi COVID-19

Septi Aprilia, Septi (2021) Edukasi Orang Tua Dalam Pendampingan Belajar Anak Saat Daring Selama Pandemi COVID-19. Project Report. ITS PKU MUHAMMADIYAH SURAKARTA, SURAKARTA.

[img] Text
LAPORAN PENGABDIAN EDUCASI ORANG TUA SAAT BELAJAR DARING.pdf - Published Version

Download (1MB)
Official URL: http://itspku.ac.id

Abstract

Pandemi Covid-19 memberi dampak yang sangat signifikan ke segala sektor, tidak terkecuali pada sector Pendidikan. Dimana Pembelajaran yang sebelumnya dilakukan dengan tatap muka harus berubah menjadi pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau dengan dalam jaringan (daring). Selama pembelajaran daring, banyak siswa yang mengalami kesulitan belajar. Hal itu dikarenakan tidak adanya pengajaran dari guru secara langsung dan siswa harus belajar secara mandiri. Selain itu, orang tua atau keluarga di rumah juga belum dapat mendampingi belajar siswa secara optimal. Orang tua memiliki keterbatasan seperti latar belakang pendidikan dan pengetahuan tentang pembelajaran anak yang masih rendah, ataupun karena minimnya waktu orang tua dalam membersamai anak. Siswa dari berbagai tingkatan usia tentunya berada pada tahapan perkembangan intelektual yang berbeda-beda. Berdasarkan teori Piaget tentang tahap perkembangan kognitif terbagi dalam beberapa tahapan usia. Perkembangan kognitif merupakan pertumbuhan berpikir logis dari masa bayi hingga dewasa, yang menurut Piaget terdiri dari tahap sensori motor (0 – 1,5 tahun), tahap pra-operasional(1,5-6 tahun), operasional konkrit(6-12 tahun), dan operasional formal (12 tahun ke atas). Dari tingkatan tersebut, maka ketika orang tua hendak mendampingi belajar anak juga harus disesuaikan dengan tahapan belajar anak. Orang tua harus memahami dan mampu mempraktekkan metode pembelajaran yang sesuai perkembangan anaknya. Pada masyarakat RT 01 RW 25 Kelurahan Jebres terdapat orang tua yang memiliki anak di berbagai jenjang pendidikan. Saat anak belajar dari rumah selama pandemi Covid-19, orang tua mengalami kesulitan dalam mendampingi anaknya belajar. Oleh karena itu, diperlukan edukasi orang tua dalam mendamipingi belajar anak saat pembelajaran daring selama pandemi Covid19. Dengan edukasi tersebut diharapkan akan membantu orang tua dalam menerapkan metode pembelajaran yang sesuai dengan tahap perkembangan anak selama pelaksaanaan belajar daring.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Endrat
Date Deposited: 31 Aug 2021 03:12
Last Modified: 31 Aug 2021 03:12
URI: http://repository.itspku.ac.id/id/eprint/241

Actions (login required)

View Item View Item