HUBUNGAN KEAKTIFAN IBU DAN PEMBERIAN MP ASI DINI DENGAN STATUS GIZI BAYI USIA 6-12 BULAN DI POSYANDU BALITA DESA MENAWAN KLAMBU GROBOGAN

Qoniatur Rohmah, 2013030025 (2017) HUBUNGAN KEAKTIFAN IBU DAN PEMBERIAN MP ASI DINI DENGAN STATUS GIZI BAYI USIA 6-12 BULAN DI POSYANDU BALITA DESA MENAWAN KLAMBU GROBOGAN. Other thesis, STIKES PKU Muhammadiyah Surakarta.

[img] Text
2013030025.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang : Masalah gizi anak terjadi karena ketidakseimbangan antara asupan dan kebutuhan zat gizi (nutritional imbalance). Kesalahan pola asuh orangtua dalam memilih makanan yang diberikan kepada anaknya yang dapat memicu terjadinya masalah gizi pada anak. Status gizi di Indonesia sebagian besar sudah tergolong baik , namun masih ada bayi yang memiliki gangguan status gizi seperti gizi buruk, gizi kurang dan bahkan ada yang status gizi lebih. Tujuan : Mengetahui hubungan keaktifan dan pemberian MP-ASI dini dengan status gizi bayi. Metode Penelitian : Penelitian menggunakan desain cross sectional. Populasi penelitian ini menggunakan sampel bayi yang berada di posyandu balita Desa Menawan. menggunakan sampel dengan simple random sampling sejumlah 43 sampel. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dan buku KIA. Analisis data dengan uji fisher exact. Hasil : Sebesar 81.4% ibu yang aktif ke posyandu. Sebanyak 65.1% bayi diberikan MP-ASI dini, dan 76.7% bayi memiliki status gizi normal. Tidak ada hubungan antara keaktifan ibu dengan status gizi bayi (p=0.07). Dan tidak ada hubungan pemberian MP-ASI dini dengan status gizi bayi (p=0.127). Kesimpulan : Tidak ada hubungan keaktifan ibu dan pemberian mp-asi dini dengan status gizi bayi usia 6-12 bulan di posyandu balita desa menawan klambu grobogan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Endrat
Date Deposited: 15 Jan 2020 03:57
Last Modified: 15 Jan 2020 03:57
URI: http://repository.itspku.ac.id/id/eprint/220

Actions (login required)

View Item View Item