PERBEDAAN STATUS GIZI DAN PRESTASI BELAJAR ANAK YANG MENGONSUMSI GARAM BERIODIUM DAN TIDAK BERIODIUM DI SD NGARGOYOSO KARANGANYAR

Dewi Purwanti, 2013030010 (2017) PERBEDAAN STATUS GIZI DAN PRESTASI BELAJAR ANAK YANG MENGONSUMSI GARAM BERIODIUM DAN TIDAK BERIODIUM DI SD NGARGOYOSO KARANGANYAR. Other thesis, STIKES PKU Muhammadiyah Surakarta.

[img] Text
2013030010.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang: Gangguan Akibat Kekurangan Iodium masih merupakan salah satu masalah gizi mikro di Indonesia, yang prevalensinya mencapai 11,1%. Kecamatan Ngargoyoso merupakan salah satu daerah endemik. gaki, terletak di kaki gunung Lawu pada ketinggian 900-1100 m diatas permukaan laut. Penggunaan garam beriodium baru mencapai 61% rumah tangga. Tujuan: Mengetahui perbedaan status gizi dan prestasi belajar anak SD yang mengonsumsi garam beriodium dan tidak beriodium. Metode penelitian: Penelitian ini menggunakan desain cross sectional. Teknik sampling dengan simple random sampling. Sampel sebanyak 62 sampel. Status gizi (IMT/U) dari data BB dan TB dengan pengukuran antropometri, data prestasi belajar dengan melihat nilai rapor siswa selama 6 semester, garam iodium dengan iodium kits. Uji analisis data dengan Mann Whitney. Hasil: Perbedaan status gizi dengan garam beriodium dan tidak beriodium diperoleh nilai Z=-1.443 dan p=0.149. Perbedaan prestasi belajar dengan garam beriodium dan tidak beriodium diperoleh nilai Z=-4.146 dan p=0.000. Kesimpulan: Tidak ada perbedaan status gizi anak yang mengonsumsi garam beriodium dan tidak beriodium. Ada perbedaan prestasi belajar anak yang mengonsumsi garam beriodium dan tidak beriodium.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Endrat
Date Deposited: 08 Jan 2020 03:57
Last Modified: 08 Jan 2020 03:57
URI: http://repository.itspku.ac.id/id/eprint/207

Actions (login required)

View Item View Item