Dewi Purwanti, 2013030010 (2017) PERBEDAAN STATUS GIZI DAN PRESTASI BELAJAR ANAK YANG MENGONSUMSI GARAM BERIODIUM DAN TIDAK BERIODIUM DI SD NGARGOYOSO KARANGANYAR. Other thesis, STIKES PKU Muhammadiyah Surakarta.
Text
2013030010.pdf - Published Version Download (2MB) |
Abstract
Latar Belakang: Gangguan Akibat Kekurangan Iodium masih merupakan salah satu masalah gizi mikro di Indonesia, yang prevalensinya mencapai 11,1%. Kecamatan Ngargoyoso merupakan salah satu daerah endemik. gaki, terletak di kaki gunung Lawu pada ketinggian 900-1100 m diatas permukaan laut. Penggunaan garam beriodium baru mencapai 61% rumah tangga. Tujuan: Mengetahui perbedaan status gizi dan prestasi belajar anak SD yang mengonsumsi garam beriodium dan tidak beriodium. Metode penelitian: Penelitian ini menggunakan desain cross sectional. Teknik sampling dengan simple random sampling. Sampel sebanyak 62 sampel. Status gizi (IMT/U) dari data BB dan TB dengan pengukuran antropometri, data prestasi belajar dengan melihat nilai rapor siswa selama 6 semester, garam iodium dengan iodium kits. Uji analisis data dengan Mann Whitney. Hasil: Perbedaan status gizi dengan garam beriodium dan tidak beriodium diperoleh nilai Z=-1.443 dan p=0.149. Perbedaan prestasi belajar dengan garam beriodium dan tidak beriodium diperoleh nilai Z=-4.146 dan p=0.000. Kesimpulan: Tidak ada perbedaan status gizi anak yang mengonsumsi garam beriodium dan tidak beriodium. Ada perbedaan prestasi belajar anak yang mengonsumsi garam beriodium dan tidak beriodium.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RZ Other systems of medicine |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine |
Depositing User: | Endrat |
Date Deposited: | 08 Jan 2020 03:57 |
Last Modified: | 08 Jan 2020 03:57 |
URI: | http://repository.itspku.ac.id/id/eprint/207 |
Actions (login required)
View Item |