HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA ANAK USIA TOODLER

Aulia Ega Pangesti, 2016011969 (2019) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA ANAK USIA TOODLER. DIII Keperawatan.

[img] Text
2016011969.pdf - Published Version

Download (132kB)

Abstract

Latar Belakang : Perkembangan kognitif meliputi proses yang terjadi secara internal di dalam susunan syaraf pada saat manusia berpikir. Dua unsur lingkungan yang sangat penting perannya dalam mempengaruhi perkembanagan kognitif yaitu, keluarga dan lingkungan sekolah, termasuk orang tua yang merupakan pusat sentral sorotan dalam perkembangan fisik dan psikis. Pada studi pendahuluan didapatkan anak usia 1-3 tahun sejumlah 40 orang. Tujuan : Mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua dengan pekembangan kognitif pada anak usia toodler. Metode Penelitian : penelitian ini menggunakan metode korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian anak paud muslimin dengan teknik purposive sampling dengan kriteria usia 1-3 tahun dan orang tua murid/wali yang berjumlah 15 responden. Instrumen pada penelitian ini menggunakan denfer test untuk mengetahui kognitif anak dan kuisioner yang harus dijawab orang tua untuk mendukung pola asuhnya. Analisa data yang digunakan berupa korelasi spearman. Hasil : Dari penelitian yang dilakukan didapatkan hasil tidak ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan perkembangan kognitif anak usia toodler. Kesimpulan: Tidak ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan perkembanan kognitif anak usia toodler, akan tetapi pola asuh orang tua lebih dominan ke pola asuh demokratis dengan jumlah 13 orang tua responden.

Item Type: Article
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Endrat
Date Deposited: 18 Dec 2019 02:31
Last Modified: 18 Dec 2019 02:31
URI: http://repository.itspku.ac.id/id/eprint/136

Actions (login required)

View Item View Item